Dinilai Mbalelo, Demokrat Warning Agus Purwanto

Administrator
139 view
Dinilai Mbalelo, Demokrat Warning Agus Purwanto
NET
Anggota DPRD dari Partai Demokrat.

Agus Purwanto, kader Demokrat yang duduk sebagai Ketua DPRD Dumai dinilai Mbalelo (susah diatur,red). Termasuk 4 kader lainnya di legislatif yang dianggap telah mengangkangi perintah partai.

DEWAN Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrat Kota Dumai melayangkan Surat Peringatan (SP) ke 2 terhadap Agus Purwanto, anggota Fraksi Demokrat yang saat ini duduk sebagai Ketua DPRD Kota Dumai. Tidak hanya Agus Purwanto, 4 kader lainnya yang duduk di legislatif juga bakal diberikan Surat Peringatan (SP).

Masing-masingnya adalah Suprianto SH (Ketua Fraksi), Mara Hamdan Harahap SH (Anggota), Roni Ganda Bakara Amd (Anggota) dan Kamisan (Anggota). Keseluruhan nama tersebut dianggap telah mengangkangi dan melanggar perintah partai.

Pasalnya, Fraksi Demokrat tidak menyampaikan Pandangan Umum Fraksi terhadap Penjelasan Wali Kota atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pertanggung Jawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Dumai Tahun 2020, Jumat (11/06/21).

“ Mestinya harus dibacakan dan disampaikan untuk menilai kinerja pemerintah, dan itu perintah partai. Karena dinilai mengangkangi perintah, anggota DPRD dari Demokrat bakal segera kita SP (Surat Peringatan,red). Untuk Agus Purwanto ini SP ke 2,” tegas Wakil Ketua DPC Partai Demokrat Kota Dumai, Afrianto Kurniawan SH akhir pekan kemarin.

Dihubungi terpisah, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Dumai, Prapto Sucahyo juga mengakui bakal segera diterbitkannya Surat Peringatan (SP) terhadap 5 kader yang duduk di legislatif Kota Dumai. Sikap tegas itu bagian dari komitmen Demokrat untuk terus berpihak kepada kepentingan rakyat.

“ Kita ingatkan, mereka duduk disana mewakili ribuan masyarakat yang menjadi konstituennya. Kader demokrat tidak boleh mengecewakan rakyat. Seharusnya pandangan umum fraksi dimanfaatkan untuk memberi saran maupun masukan atau kritikan terhadap kinerja pemerintah,” papar Prapto Sucahyo.

Lebih lanjut ditegaskannya, Surat Peringatan (SP) itu bagian dari warning terhadap kader di legislatif agar mampu menjadi wakil rakyat yang benar-benar berpihak kepada masyarakat.

“ Kita akan segera keluarkan SP (Surat Peringatan) untuk 5 anggota Fraksi Demokrat di DPRD Dumai,” tegas Prapto Sucahyo.

Pada sisi lain, Walikota H Paisal SKM, MARS menghadiri langsung Rapat Paripurna dengan agenda Pandangan Umum Fraksi terhadap Penjelasan Wali Kota atas Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pertanggung Jawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Dumai Tahun 2020, Jumat (11/6/21).

Sidang paripurna ini merupakan tindak lanjut dari agenda sidang paripurna sebelumnya tentang penyampaian Rancangan Perda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun 2020 yang saat didelegasikan Pemerintah Kota Dumai kepada Sekretaris Daerah untuk menghadirinya, Kamis (10/6/21).

Rapat paripurna Pandangan Umum Fraksi dipimpin Wakil Ketua DPRD Dumai, Bahari dan dihadiri 19 anggota dari 30 total anggota DPRD Kota Dumai. Ada 8 (delapan) fraksi yang menyampaikan pandangan umum fraksi, yakni Fraksi Demokrat, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Nasdem, Fraksi PPP, Fraksi Golkar, Fraksi Pan, dan Fraksi Gerindra. Kemudian dilanjutkan dengan penyerahan naskah pandangan umum dari 8 fraksi kepada Wali Kota Dumai.

Selanjutnya, sesuai pedoman pada ketentuan Pasal 11 ayat (3) Peraturan DPRD Kota Dumai Nomor 1 Tahun 2019 tentang Tata tertib DPRD Kota Dumai akan dilanjutkan dengan tanggapan dan/atau jawaban Wali Kota Dumai terhadap pandangan umum fraksi DPRD Kota Dumai, yang direncanakan akan dilaksanakan pada, Kamis (17/6/21) mendatang.

Rapat paripurna tersebut dihadiri Forkopimda Kota Dumai, Asisten, Staf Ahli, dan Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Dumai, Ketua Majelis Kerapatan Adat dan Ketua Dewan Pengurus Harian Lembaga Adat Melayu Kota Dumai, serta tamu undangan yang berkesempatan hadir.(*)

Penulis
Redaksi.
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers majalahkupas.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online majalahkupas.com Hubungi kami: redaksi.majalahkupas@gmail.com