Lagi Cuci Darah, Genset RSUD Dumai Mati, 20 Pasien HD Lemas dan Sesak Nafas

Administrator
697 view
Lagi Cuci Darah, Genset RSUD Dumai Mati, 20 Pasien HD Lemas dan Sesak Nafas
Ilustrasi.
Ilustrasi Cuci Darah.

DUMAI - Kondisi pelayanan kesehatan di RSUD Kota Dumai benar-benar bobrok. Nyaris saja mencelakakan para pasien Hemodialisa (HD) atau gagal ginjal yang tengah cuci darah. Terdapat sekitar 20 pasien HD yang tengah melakukan cuci darah, Senin (07/06/21) tadi.

Menurut informasi yang dihimpun, ketika darah mereka tengah berproses di mesin, tiba-tiba genset RSUD Dumai mati. Penggunaan genset itu karena travo milik RSUD meledak beberapa hari lalu dan belum ada perbaikan hingga saat ini. Putusnya pasokan listrik sempat berlangsung hampir 1 jam dan alat pencuci darah tidak bisa berfungsi.

Akibatnya para pasien HD yang sedang cuci darah sesak nafas dan lemas. Untung saja keseluruhannya bisa diselamatkan kendati tubuh mereka lemah dan pucat. Sejumlah keluarga pasien tidak mampu menyembunyikan rasa kecewa dan kekesalan mereka.

" Luar biasa sakitnya RSUD ini, membuat pasien sakit makin sakit. Mesin genset tiba-tiba mati ketika 20 orang pasien HD darahnya sedang di putar mesin cuci darah. Mesin mati tanpa ada pemberitahuan," kesal salah seorang ibu rumah tangga yang suaminya juga tengah cuci darah di RSUD Dumai.

Pihaknya meminta managemen dan Dirut RSUD Dumai bertanggungjawab terhadap peristiwa yang nyaris mengancam keselamatan nyawa suaminya.

" Wahai pemimpin RSUD, apakah anda tau kejadiannya. Mohon ketuk pintu hatimu. Ada 20 nyawa di sana yang sedang HD. Kejadian sore ini mengakibatkan pasien sesak nafas, lemas dan tidak berdaya," papar Nita.

Diungkapkan Nita, sesampai di rumah usai accident matinya mesin cuci darah, kondisi kesehatan suaminya lemah dan pucat.

" Saya kecewa dengan pelayanan serta kelalaian pihak managemen RSUD Dumai," ujar Nita.(*)

Penulis
Faisal
Tag:Dumai
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers majalahkupas.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online majalahkupas.com Hubungi kami: redaksi.majalahkupas@gmail.com