Pak Wali Harus Jeli

Administrator
178 view
Pak Wali Harus Jeli
Walikota Dumai, H Paisal,SKM,Mars.

MEMBAIKNYA persepsi publik terhadap kinerja pemerintah, membuat citra Walikota Dumai, H Paisal, SKM, MARS ikut naik. Pemerintah mampu menumbuhkan kembali kepercayaan publik yang sebelumnya sempat turun. Kepercayaan mulai meningkat, terutama di kalangan masyarakat bawah dan pendukung "PAS". Hal ini ditambah dukungan politisi yang mumpuni. Konsolidasi pemerintah di berbagai bidang juga berjalan baik.

Apresiasi ini tentu tidak lepas dari keyakinan publik terhadap kondisi politik di bawah kepemimpinan H Paisal. Dalam kurun waktu tiga bulan lebih, pemerintah mampu melakukan konsolidasi politik. Hanya saja stabilnya kondisi politik juga tidak bisa dijadikan jaminan "aman" bagi keberlangsungan sebuah pemerintahan.

Selain itu, kebijakan dan langkah H Paisal juga cenderung "mencuri" perhatian publik. Gerak cepatnya dalam merespon setiap persoalan cukup menuai pujian. Tidak seperti pejabat atau kepala daerah kebanyakan, dirinya kerap tampak turun langsung ke lapangan. Terutama menyangkut peristiwa sosial kemasyarakatan. Termasuk terganggunya pelayanan di RSUD Dumai belum lama ini.

Menurut penilaian publik, kinerja di semua bidang cenderung meningkat. Apresiasi positif yang tinggi terutama di bidang politik dan penanganan infrastruktur publik. Juga pada bidang kesehatan dan sosial kemasyarakatan. Sedangkan pada bidang penegakan hukum dan ekonomi, publik masih terlihat skeptis meski tetap ada kecenderungan peningkatan dari sebelumnya.

Kini publik menunggu penempatan “para pembantu” di jajaran Organisasi Perangkat Daerah. Kejelian dan kehati-hatian dalam penempatan orang yang tepat sangat dinantikan masyarakat. Pasalnya, kedepan berpengaruh besar terhadap kualitas pelayanan publik. Prinsip “The right man on the right place” perlu diterapkan. Dengan kompetensinya mereka diharapkan bisa bekerja dengan optimal.

Manajemen Sumber Daya Manusia dalam hal penempatan personalia sangat penting sekali dalam sebuah organisasi pemerintah maupun swasta. Dalam organisasi apapun dan instansi manapun, tanpa manajemen organisasi tidak akan berjalan baik, bahkan bisa saja menuju ke kehancuran. Untuk itu pengambil kebijakan (baca;walikota) harus melihat kemampuan atau kompetensi pegawai sehingga bisa menempatkannya dalam “ Posisi yang PAS”.(*)

#POJOK_REDAKSI

Penulis
Redaksi.
Tag:Opini
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers majalahkupas.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online majalahkupas.com Hubungi kami: redaksi.majalahkupas@gmail.com